Pengertian SEO On-page Dan SEO Off-page Untuk Blogger Pemula

Pengertian SEO On-page Dan SEO Off-page Untuk Blogger Pemula

Pada kesempatan kali ini Infoku akan menganalisa tentang SEO On-page dan Off-page SEO dimana SEO terdapat sangat penting untuk kita ketahui didalam sebuah konten dan blogger untuk mempridiksi salah satu yang kita tuju untuk mencari peringkat teratas,namun bagi anda yang pemula didalam blogger sangat cenderung dengan SEO dan tidak terlalu mengerti dengan apa yang dimaksud dengan SEO tersebut,didalam topik kali ini saya akan mencoba untuk menguraikan satu-satu artian untuk dapat anda pelajari dengan benar dan relavan.

namun sebelum anda mengenal panduan SEO terlebih dahulu anda harus bersiap untuk menjadi seorang pakar seo dan master blogger,berkat belajar seo dengan baik anda akan memperoleh satu hasil yang baik untuk konten anda diseacrh engine optimaztion.

SEO ON-PAGE
Sebuah halaman result search engine optimaztion untuk pondasi yang sangat akurat didalam konten ialah seo dengan baik dan mempertahankan konten anda di dalam result mesin pencarian,namun ada beberapa uraian yang dapat anda perhatikan untuk SEO on-page ini sebagai berikut :

URL:Domain
terlebih dahulu bagi anda yang benar-benar ingin berkarya sukses didalam blogger maka yang harus anda perhatikan adalah,membeli domain TLD dan untuk mempermudahkan link anda di temukan oleh orang lain di mesin pencari,namun sebagain anda yang masih bergelut didalam blogger ,namun tidak memiliki domain TLD dan fre ,itu sih menurut saya tidak masalah,akan tetapai lebih baik jika anda punya uang banyak untuk hosting domain dan segalam macam bentuk domain tersebut dapat anda beli,dengan adanya domain tersebut url blog anda akan jauh lebih simpel dari pada "blogspot.com"
dan saya sendiri masih memiliki "blogspot.com" .

Struktur:Template yang simple fast loading
biasanya blogger akan cenderung dengan tempalte keren dan serbah unik,namun jika anda baru bergelut didalam blogger  nah disini anda akan merasakan untuk memilih sebuah template yang terlalu banyak/berat loading lama,dan yang harus anda ketahui untuk struktur SEO tersebut,salah satu anda harus memilih tempalte yang SEO friendly dan fast loading,simple dan tidak usah memilih template yang super keren dan super unik segala ,namun bagi anda yang sudah memiliki aung untuk membeli templte premium itu lebih baik,jika belum maka cari template yang sangat cocok untuk anda jadikan sebuah laman blogger anda yang super duper simple, dan tidak semua struktur templete keren akan membuat hati anda tergiur namun sebagian tempalte yang simple juga bisa membuat konten anda sehat.

Struktur:Tag Judul
Perhatikan judul pada blog anda ,dan harus pintar untuk membuat judul untuk menarik perhatian pengunjung dan pembaca konten anda dengan itu setidaknya konten anda akan ramai dengan pengujung,dan Tag Judul banyak digunakan oleh Search Engine Google untuk menampilkan pada Halaman hasil pencaharian. Sebaiknya Tag Judul memiliki panjang 50-60 karakter. Bila memiliki banyak Tag Judul dibawah 55 karakter, maka setidaknya 95% dari judul artikel akan di tampilkan dengan benar di halaman hasil pencaharian. hal yang terpenting adalah biasakan untuk memasukkan kata kunci yang relevan di Tag Judul. Berikut ini referensi pembelajaran Tag Judul.

Struktur:Meta Tag
element konten yang anda baca ini terdiri dari meta descreption,meta keywords,dan meta conten.namun sangat membantu salah satu website kita dimesin pencari/seacrh engine tersebut jika salah satu website anda memiliki struktur diatas ini,akan tetapi salah satunya lebih cepat ke index oleh pihak google tersebut.

Struktur:Format H2-H3
Umumnya seacrh engine akan membaca keseluruhan struktur website anda mulai dari sisi atas sampai sisi bawah,dengan demikian struktur H2-H3 dan lain,google akan memperlihatkan sebuah faktor itu di mata konten kita,dan H1 umumnya ditempatkan pada Tag Judul artikel. selain H1 penting juga untuk menempatkan H2 dan H3 pada konten yang berada pada halaman tersebut. Seperti contoh website ini menempatkan H1 pada Tag Judul dan H2 pada Tag Judul Widget, atau pada Subheading.

Struktur:Internal Link
Salah satu contohnya adalah memiliki menu website rapih dan menuju pada artikel terkait dengan relevan dan tidak berlebihan. Umumnya sebuah artikel baiknya memiliki 1 Internal Link terhadap artikel terkait. Hal tersebut juga dapat membantu para pembaca atau user yang mengakses website dan menemukan artikel yang user butuhkan. User akan betah berlama-lama mengakses artikel yang lainnya. Untuk SEO sendiri artikel yang memiliki Internal Link ke artikel lainnya memiliki nilai kata kunci yang secara tidak langsung membantu meningkatkan presentasi kata kunci artikel.

Struktur:ALT text gambar
sebuah faktor yang harus anda kenali,dan bukan hanya konten/website saja yang perlu dengan Seo,namun struktur dari gambar juga harus anda lakukan dengan otoritas SEO tersebut dengan membuat ALT,text gambar super duper SEO,agar dapat terindex oleh seacrh engine tersebut dengan baik dan relavan akan tetapi anda lakukan Pertama sebelum meng-upload gambar pastikan nama untuk gambar merupakan keterangan singkat untuk menjabarkan gambar tersebut. Contohnya (gambar logo website ini) memiliki nama gambar "Seo-Gereggi-logo.png".  Kedua menambahkan ALT Text pada setiap gambar yang kita tampilkan di artikel. Keterangan yang kita berikan pada setiap gambar akan memudahkan Search Engine mengetahui gambar apa yang kita tampilkan di dalam artikel. Baiknya keterangan pada gambar memiliki panjang dari 5-15 kata. Bila keterangan terlalu panjang akan mempersulit Search Engine untuk mendefinisikan gambar tersebut. Untuk SEO kita dapat memasukan keyword pada gambar, namun kata-kata tersebut harus tetap relevan untuk mengartikan gambar.

SEO OFF-PAGE

Social Media : merupakan media untuk membagi bermacam-macam data, salah satunya artikel atau link artikel. Biasakan untuk share artikel ke berbagai medsos seperti Facebook, Twitter, Pinterest, StumbleUpon, dan lainnya agar user mengetahui website kita. Website yang selalu membagi artikelnya ke berbagai Social Media memiliki kesempatan lebih besar untuk dapat memenangkan kata kunci dan pastinya lebih cepat terindex oleh Search Engine. Social Media membantu website kita menjadi lebih dikenal oleh user. Salah satu contohnya bila web/Blog kita memiliki artikel mengenai "SEO" kemudian kita membagikan artikel tersebut ke Social Media dengan tepat dan sesuai kelompoknya, maka akan mempercepat website menjalin komunikasi baik bagi kelompok "SEO" tersebut.
Teknik SEO Off Page Social Media

Backlink : merupakan salah satu SEO Off Page yang berpengaruh ke tingkatan PR (Page Rank), dan peningkatan kata kunci yang diinginkan. Backlink yang akan kita bangun haruslah baik dan bukan Spamming, karena bila website kita melanggar ketentuan yang ada membuat website kita akan terkena pinalti oleh Google Search Engine (Panda - Penguin). Banyak cara membangun Backlink, seperti Pyramid, Dummy Blog, Otomatis, Social Bookmark, Edu - Gov, Web 2.0, Forum, Blog To Web (1 arah), Blog To Blog (2 arah), Blog Walking, Review, Web Directory, Submitter, Iklan, dan cara lainnya yang sesuai dengan analisa dan perhitungan yang telah dibuat.



Tools SEO Google : dalam mengembangkan Website, kita dapat memanfaatkan berbagai Tools yang diberikan Google seperti Websmaster, Analytics, Trends, Adwords Keyword Planner, Consumer Surveys, PageSpeed Insights, Content Experiments, Places for Business, Alerts, Tag Manager. Pelajari dan manfaatkan Tools yang diberikan oleh Google, dikarenakan akan membantu kita dalam membangun website yang Friendly SEO.
Tools Google SEO Website
Share Gambar : mengupload ulang gambar dari artikel terkait di website penyimpanan gambar umum, serta memberikan keterangan berupa link balik ke artikelnya. Cara ini dapat membantu  peningkatan Backlink dan jumlah pengunjung website. Cara lainnya adalah dengan memberikan Watermark link website di dalam gambar.


Cara lainnya dapat kita kembangkan sendiri dari cara sebelumnya. Dalam membangun Off Page (Kata Kunci) diperlukan tujuan dan analisa yang jelas. Gunakan tools untuk dapat saling melengkapi kebutuhan dalam membangun teknik Off Page. Pastikan untuk tidak menggunakan Software berkategori BlackHat secara berlebihan. Selalu pantau perkembangan SEO Offpage dengan benar. Banyak orang secara perlahan-lahan menemukan cara mudah dalam meningkatkan kata kunci dengan menggunakan rumus yang dibuat sendiri, tetapi tetap algoritma Search Engine Google menjadi dasarnya.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top